efek salju

Rabu, 09 Januari 2013

artikel 9. Membuat User Trustee/Setting Hak Ases Menu+Buttons (New,Edit,Save,Delete) Secara Mudah+Dinamis Menggunakan Database


Membuat User Trustee/Setting Hak Ases Menu+Buttons (New,Edit,Save,Delete) Secara Mudah+Dinamis Menggunakan Database

Setiap apliaksi pada umumnya akan menerapkan system User Trustee/Hak Akses, dimana setiap user berbeda beda hak aksesnya, sebagai contoh user A hanya boleh mengakses menu 1, 3, 5 dan button edit, save (tanpa new). Nah bagainama cara membuat setting ini secara mudah dan dinamis, artinya setiap ada perubahan misalnya Tambah menu baru/ hapus menu di design form MDI itu langsung otomatis update ke setting database? terus cara load setting tersebut ke setiap menu dan button disetiap form secara singkat/tidak ribet? Betikut ini saya sudah buatkan contonya untuk anda para pengunjung setiaDJIESOFT, sebelumnya anda harus baca dulu dibawah ini agar faham bagaimana cara menggunakannya.
1.Saya  membuat 1 form MDI + menu menu
2.Saya  membuat 1 from untuk new user+setting menu+button-nya
3.Saya  membuat 1 form untuk test setting button yang telah dilakukan
4.Saya menggunakan database Ms.Access 2010 + 5 table sebagai contoh databasenya.
5.Saya sudah membuat function/sub yang nantinya tinggal dipanggil saja untuk syncrinize+apply setting ke menu+button
Berikut ini sreenshot form user + setting menu + setting button
Dari gambar diatas dapat dilihat menu yang dis etting active adalah Menu1, Test Setting Button dan Logout. Sedangkan untuk button nya yang diset active adalah : new, edit, save dan cancel, maka setelah anda login sebagi user tersebut maka setting tersebut akan dapat langsung terlihat :
Sebenarnya masih banak cara lain/logika lain untuk user trustee/hak akses ini, saya hanya berikan salah salah satu contohnya saja.


Tags:
cara membuat hak akses user dinamis vbnet, Membuat Manajemen Hak Akses User, Ide Membuat Sistem Login Aplikasi Multi User,cara membuat hak akses user secara mudah, cara membuat hak akses user pada menu, cara membuat hak akses user terhadap tombol,

sumber: http://djiesoft.blogspot.com/2013/01/membuat-user-trusteesetting-hak-ases.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar